Olahraga yang Direkomendasikan untuk Menjaga Kesehatan paru-paru

Dalam sistem pernapasan kita paru-paru adalah organ yang paling vital. karena itu semaksimal mungkin kita harus menjaga kesehatan organ tersebut misalnya dengan rajin berolahraga. Dr. Michael Triangto, Sp.KO, medicine specialist dari Slim + Health Sport Therapy merekomendasikan olahraga aerobik untuk melatih paru-paru.

Rekomendasi latihan untuk memperkuat paru-paru

Olahraga aerobik menurut dr. Michael adalah olahraga yang ciri khasnya gerakannya dilakukan berulang-ulang dalam periode yang agak panjang, serta intensitasnya ringan. Hal ini diungkapkan dalam moment Kulwap media dengan Michael sebagai narasumbernya.

Olahraga aerobik bisa dikerjakan outdoor ataupun winter sesuai dengan kondisi. Dimasa pandemi sebagaimana saat ini Anda tetap dapat berolahraga di dalam rumah untuk menjaga agar paru-paru tetap sehat.

Jenis olahraga yang disarankan adalah, naik turun tangga rumah, berenang, bersepeda baik di luar ruangan ataupun menggunakan sepeda statis, jalan cepat misalnya dengan treadmill, menari, senam dan sebagainya.

Untuk lamanya olahraga kita dapat menggunakan panduan dari ACSM atau American College of Sports Medicine. Durasi olahraga yang disarankan oleh sistem adalah 150 menit per minggu. Ini dengan catatan olahraga dimaksud adalah kegiatan fisik dengan intensitas yang ringan.

Michael menambahkan, jadi berolahraga 5 kali seminggu masing-masing selama 30 menit dapat dibilang sudah mencukupi. Selain melatih paru-paru, Michael mengatakan bahwa melatih otot otot rangka yang terletak pada rongga dada juga tidak kalah penting. Hal ini dapat dilakukan dengan gerakan-gerakan peregangan untuk membuka paru-paru.

Selain berolahraga untuk membuat paru-paru kita tetap sehat ada beberapa faktor pendukung lain. Ini misalnya menghindari merokok baik sebagai perokok aktif ataupun pasif, menghindari polusi udara, menerapkan pola makan sehat, dan memulai gaya hidup sehat.

Jenis makanan untuk menjaga kesehatan paru-paru

Tambahkan makanan di bawah ini pada menu harian Anda untuk menjaga kesehatan paru-paru.

Apel
Buah apel mempunyai khasiat mengatasi stres oksidatif dan peradangan. Ini karena buah apel mengandung phytochemical yang  dapat meningkatkan kinerja paru-paru dan organ penting lainnya.

Sayuran
Sayuran yang berwarna hijau seperti kangkung, selada, atau bayam kaya akan mineral, serat vitamin, dan antioksidan. Seluruhnya dapat menjaga kesehatan paru-paru.

Teh hijau
Teh hijau kaya akan antioksidan dan polifenol. Keduanya diketahui sebagai bahan yang mampu meminimalkan perkembangan sel kanker paru-paru. Meminum teh hijau dengan teratur akan memperkecil resiko terserang penyakit paru obstruktif.

Bawang putih
Banyak orang menghindari bawang putih karena memicu aroma nafas yang kurang sedap. Padahal bawang kaya akan antioksidan togel online terbaik serta mengandung zat anti inflamasi alami yang membantu memperkecil resiko berkembangnya sel kanker pada paru-paru.

Jahe

Jahe tergolong dalam makanan sekaligus herbal yang dipercaya dapat mengobati aneka gangguan kesehatan. Mengonsumsi jahe dapat melegakan tenggorokan, menghangatkan tubuh, dan mengatasi gangguan flu ringan.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan berkhasiat meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah yang menunjang kinerja paru-paru untuk menyalurkan oksigen ke seluruh organ tubuh.

Brokoli

Sayuran ini mengandung kadar antioksidan yang tinggi dan dapat membuang racung pada paru-paru secara efektif. Tambahkan brokoli pada menu diet Anda untuk menjaga kesehatan paru-paru.

Blueberry

Blueberry diyakini dapat mengatasi gangguan organ paru-paru akibat radikal bebas. Ini karena blueberry mempunyai kandungan antioksidan serta vitamin C yang tinggi.

Selain itu brokoli juga mengandung fitokimia, folat, dan karotenoid untuk mencegah kerusakan organ paru-paru. Senyawa aktif L-sulforaphane yang ada dalam brokoli dapat mengatasi inflamasi.