Menuju MotoGP Perancis: Pebalap yang Masih Minus Poin dan Marquez

Menjelang balapan MotoGP Prancis yang bertempat di Sirkuit Le Mans, pada tanggal 20 Mei esok, tinggal 2 pebalap saja yang belum mendapatkan poin di ajang MotoGP 2018. Dua pebalap yang dimaksud tersebut adalah Xavier Simeon (Real Avintia) dan Thomas Luthi (Marc VdS).

Simeon dan Luthi Minus Poin

Luthi yang mana menjadi runner up Moto2 musim 2016 dan juga 2017 gagal mencapai finis di MotoGP Spanyol setelah dirinya mengalami kecelakaan di lap ke-11. Luthi sebelumnya hanya mampu finis di posisi ke-16 di ajang MotoGP Qatar, posisi ke-17 di ajang MotoGP Argentina dan posisi ke-18 pada ajang MotoGP Amerika Serikat.

Rekan satu timnya di Marc VdS, yakni Franco Morbidelli, telah berhasil mengoleksi 13 buah poin dari 4 balapan yang ada di MotoGP 2018. Terakhir kali, Morbidelli mampu finis di posisi kesembilan tepatnya di Sirkuit Jerez.

Sama juga seperti Luthi, Simeon adalah salah satu pebalap debutan yang ada di MotoGP 2018. Pebalap yang berasal dari Belgia ini bisa meraih finis terbaiknya di MotoGP Spanyol yakni dengan berada di posisi ke-17.

Simeon pasalnya tak pernah meraih kemenangan di sepanjang kariernya di AJang Grand Prix di mana ia finis di posisi ke-21 di MotoGP Amerika dan Qatar. Sementara itu di ajang MotoGP Amerika pebalap yang berusia 28 tahun itu Cuma bisa finis di posisi ke-20.

Simeon juga pasalnya tertinggal cukup jauh dari rekan satu timnya di Avintia yakni Tito Rabat yang telah berhasil mengoleksi sebanyak 24 poin sampai akhirnya MotoGP Spanyol berakhir.

Marquez Masih di Posisi Puncak

Memasuki seri yang kelima MotoGP 2018 yang bertempat di Sirkuit Le Mans, Perancis, Marc Marquez, pebalap asal Repsol Honda lah yang mampu bertahan di posisi puncak klasemen sementara dengan perolehan 70 poin. Marquez sendiri pasalnya unggul sebanyak 12 poin di atas pebalap Tech3 Yamaha, Johann Zarco di saat memasuki balapan MotoGP Perancis ini.

Dalam statistic yang mana dilansir dari CNN Indonesia, Marquez sendiri pasalnya juga masih unggul dibandingkan dengan pebalap yang lainnya yang ada di ajang MotoGP 2018. Sampai dengan berakhirnya MotoGP Spanyol, Marquez sendiri telah menjadi pemimpin balapan di total 44 lap. Marquez pasalnya unggul juga di atas Zarco yang mana memimpin balapan di sebanyak 19 lap sepanjang MotoGP 2018. Setelah itu ada beberapa pebalap bursatogel lainnya yang mengekor misalnya Jack Miller dengan 11 lap, Jorge Lorenzo degan 7 lap, Andrea Divizioso dengan 5 lap, dan Alex Rins dengan 1 lap.

Persaingan pebalap sudah diprediksikan akan berlangsung dengan sangat sengit, terutama sesudah adanya insiden tabrakan yang terjadi antara Jorge Lorenzo, Andrea Divizioso, dan Dani Pedrosa. Marc Marquez memang telah berhasil memenangkan balapan MotoGP Spanyol 2018 akan tetapi ada hal yang tak terduga setelah itu.

Di balapan yang berlangsung pada tanggal 6 Mei 2018 tersebut, Marquez berhasil lolos dari insiden tabrakan beruntun yang mana melibatkan 3 orang pebalap yang ada di belakangnya itu yakni Jorge Lorenzo, Andrea Divizioso dan Dani Pedrosa. Hal itu bisa terjadi karena Marquez telah berada jauh di depan mereka sebelum adanya tabrakan tersebut.

MotoGP Perancis pasalnya akan digelar di Srikuit Le Mans, pada tanggal 20 Mei mendatang. Balapan ini juga bisa disaksikan secara live streaming.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *